Welcome to Najifa Jas

BEKASI: 0896 1127 0537

BOGOR: 0815 7328 7328

Perbedaan Jas dengan Blazer dan Tuxedo Yang Mungkin Belum Anda Ketahui




  Perbedaan jas dengan blazer dan tuxedo perlu pria ketahui. Tujuannya agar tidak salah memakai ketiga kostum tersebut. Memakai jas, blazer, dan tuxedo di waktu yang tidak tepat akan menyebabkan penampilan terlihat kurang pas. Beberapa pria mungkin sulit untuk membedakan mana blazer, jas, dan mana tuxedo. Dengan menggunakan kostum yang tepat penampilan Anda akan semakin memukau, terutama di mata kolega atau mitra bisnis. Berikut ini adalah perbedaan jas dengan blazer dan tuxedo yang bisa menambah wawasan anda.



Tujuan Pemakaian

Jika tidak diperhatikan secara detail perbedaan jas dengan blazer dan Tuxedo ini tidak begitu jelas. Mungkin beberapa orang banyak yang menganggapnya sama padahal ketiga kostum atau pakaian ini berbeda. Persamaannya adalah sama-sama berasal dari Eropa. Setelan jas atau yang sering disebut dengan suit ini sering digunakan pada acara yang sifatnya resmi seperti pertemuan kantor dan juga ceremonial dan lainnya. Disebut setelan karena dipakai sepaket dengan celana yang bahan dan warnanya sama.
Untuk tuxedo ini digunakan untuk menghadiri acara yang lebih resmi dan penting dibandingkan dengan jas. Tuxedo digunakan untuk menghadiri gala dinner, pesta, dan juga momen pernikahan. Saking resminya pemakaian tuxedo di Inggris di atur sedemikian rupa dimana tidak disarankan sebelum jam 5 sore waktu setempat. Jika memakai di waktu yang dilarang maka penggunaan tuxedo tersebut dianggap tidak pantas.
Khusus blazer ini digunakan untuk acara santai bahkan semi formal. Untuk bekerja, Blazer ini bisa dijadikan sebagai luaran kemeja formal, namun tidak disarankan digunakan saat rapat bersama karyawan kantor maupun kolega walaupun sebenarnya tidak menjadi masalah apabila rapatnya bukan rapat besar. Tidak hanya itu saja, Blazer ini juga bisa digunakan untuk menghadiri pesta semi formal atau acara yang sedikit santai seperti datang ke pernikahan, kulih, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Bahan dan Proses Pembuatan

Karena memang untuk acara yang lebih santai tidak mengherankan jika blazer ini proses pembuatannya tidak memerlukan waktu yang lama. Blazer bisa dikombinasikan dengan celana jeans maupun kaos dengan leher bulat maupun v-neck. Bahan dari blazer pun lebih tipis karena tidak berlapis-lapis berbeda dengan jas dan tuxedo. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tuxedo dan jas adalah yang kaku dan lebih mahal.  Tuxedo akan dikombinasikan dengan kain satin dan kemudian dilengkapi dengan dasi kupu, kemeja, dan juga celana dari bahan kaku dan tebal sehingga meninggalkan kesan mewah.
Pembuatan jas dan tuxedo membutuhkan waktu berhari-hari. Yang membuat jas dan tuxedo ini lama pengerjaannya adalah dilapisi dengan lapisan kufner, bubat, dan lain sebagainya sehingga membuatnya tetap tegap dan elegan. Bahan yang bagus untuk digunakan dalam pembuatan jas maupun tuxedo ini biasanya adalah wol, akan tetapi ada juga yang bukan berbahan wol dikarenakan bahan wol tesebut bisa dikatakan mahal. Jas dan tuxedo cenderung menggunakan warna netral dan juga gelap, sedangkan blazer ini tidak memiliki warna yang khusus.

Jahitan

Perbedaan penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jahitan. Jas dan Blazer sama-sama bisa dibuat di penjahit maupun konveksi. Jas ini dibuat dengan tiga lapisan pada seluruh bagian tubuh dan juga lengan di bagian dalam. Mesin yang digunakan untuk membuatnya bisa tradisional dan juga mesin jahit industri. Untuk tuxedo ini detailnya lebih rumit sehingga membutuhkan penjahit atau tailor yang lebih expert atau profesional. Mesin yang digunakan pun khusus karena bahan tuxedo yang berlapis dan juga tebal.

Detail

Blazer ini memiliki detail yang lebih simpel dibandingkan dengan Jas dan juga Tuxedo. Blazer memiliki kerah tipis dan melekat. Untuk jas ini memiliki bentuk kerah atau lapel notched-lapel, sedangkan Tuxedo ini bentuk kerahnya lebih melengkung dan dibuat dari bahan satin supaya lebih mengkilap. Perbedaan Tuxedo dan Jas bisa terlihat dari kancingnya. Biasanya Tuxedo menggunakan kancing yang dicover dengan kain warna senada dengan Tuxedo tersebut, sedangkan jas maupun blazer menggunakan kancing yang reguler atau tidak tertutupi kain. Hal inilah yang membuat Tuxedo menjadi pakaian formal yang elegan. Pria dengan Tuxedo ini akan terlihat lebih sedap dipandang.


Lengan
Lengan jas memiliki garis sambungan pada bagian sisi dalam dan juga pada bagian luar. Jas juga menggunakan kancing manset pada bagian ujung lengan. Tuxedo juga memiliki lengan serupa. sedangkan Blazer, memiliki lengan hanya satu bagian saja yaitu bagian dalam seperti kemeja pada umumnya.
Harga

Tidak bisa dimungkiri bahwa biasanya Tuxedo memegang harga paling tinggi dibandingkan dengan Jas dan juga Blazer. Blazer biasanya memiliki harga yang paling murah karena pengerjaannya tidak rumit dan bahannya tidak setebal Jas dan Tuxedo.  Yang membuat Tuxedo mahal ini adalah tidak semua penjahit atau tailor bisa membuatnya, selain itu dibutuhkan mesin khusus. Penggunaan Tuxedo di acara yang berkelas tersebut juga membuat harga dari tuxedo ini lebih mahal dibandingkan dengan jas.
Kesopanan

Untuk menjaga kesopanan dalam sebuah acara maka penting bagi Anda untuk tidak saltum atau salah kostum. Jas cenderung dibuat sepasang dengan celana digunakan untuk acara formal, blazer untuk acara semi formal sehingga tidak akan sopan di gunakan dalam acara resmi yang dihadiri oleh orang-orang penting. Untuk tuxedo ini digunakan untuk acara formal seperti pernikahan dan lain sebagainya. Meski dibilang sebagai pakaian yang sopan dan mahal, akan terlihat kurang pas jika Anda menggunakan Tuxedo ini untuk menghadiri acara yang biasa-biasa ajan, oleh sebab itu Anda harus bisa menyesuaikannya dengan acara yang akan anda dihadiri.
Aksesoris Pelengkap

Perbedaan Jas dengan Blazer dan Tuxedo terakhir yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah aksesoris pelengkap. Aksesoris pelengkap Tuxedo yang biasanya harus ada adalah dasi kupu-kupu, untuk Jas ini Anda bisa menggunakan dasi atau tidak dan biasanya dasi yang digunakan adalah dasi panjang, boleh slim dan standar terngatung besar badan anda. Untuk blazer Anda bisa menggunakan dasi panjang atau bisa juga tidak. Tuxedo ini juga bisa Anda padukan dengan vest atau cummerbund agar penampilan lebih macho dan juga elegan.
Sewa atau Membeli?

Setelah mengetahui perbedaan 3 pakaian di atas, hal yang mungkin sering menjadi pertanyaan adalah sewa atau membelinya. Karena Blazer lebih sering digunakan dibandingkan dengan jas dan tuxedo maka Anda bisa membelinya, selain itu Blazer ini akan mudah untuk Anda temukan karena dijual di toko pakaian biasa sampai dengan mall-mall besar di Indonesia. Sedangkan untuk Tuxedo dan Jas terbaik biasanya hanya dijual di tailor-tailor yang ternama dan sudah berpengalaman atau mall-mall besar, tentunya dijual dengan harga fantastis. Jika Anda adalah seorang pebisnis atau memiliki pekerjaan yang harus sering menghadiri acara penting maka membuat Jas atau Tuxedo lebih disarankan. Namun jika Anda hanya akan menggunakan Tuxedo atau Jas tersebut sesekali maka menyewa adalah hal terbaik.
Dengan menyewa Anda bisa lebih hemat budget. Menyewa di jasa penyewaan jas maupun tuxedo bisa membuat Anda dapat memilih sesuai kebutuhan, selain itu Anda akan dihadapkan dengan pilihan model yang sangat beragam. Yang harus Anda perhatikan adalah sewalah di jasa terpercaya yang menyediakan jas dan tuxedo berkualitas baik dari segi bahan maupun jahitan, kami menyarankan anda untuk datang langsung ke tempatnya. Tuxedo dan Jas yang berkualitas akan membuat Anda tampil bagus terutama di hari-hari penting Anda.
Demikianlah artikel tentang perbedaan jas dengan blazer dan tuxedo ini, semoga informasi ini  dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Terimakasih

Artikel Terkait:
- Tempat Sewa Blazer Pria
- Sewa Tuxedo Pria di Bekasi dan Bogor
- Sewa Rompi / Vest
- Bingung Pilih Sewa atau Beli Jas? Simak Penjelasannya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada yang ingin disampaikan? Silahkan hubungi kami atau berkomentar dibawah ini. Terimakasih ..